Selasa, 03 Juni 2014

PENGAMAN ARUS BOCOR INSTALASI LISTRIK RUMAH

Tahukah anda bahwa breaker yang terpasang pada meteran listrik dirumah TIDAK akan melindungi anda dari kematian pada saat tersengat aliran listrik? , Dan tahukah anda bahwa lebih dari 70% kasus sengatan listrik berakibat fatal dalam instalasi rumah dibandingkan dalam industri(=Kompas red). Gangguan listrik pada instalasi rumah lebih banyak disebabkan oleh gangguan isolasi dibandingkan gangguan hubung singkat dan gangguan beban lebih ,dimana kemungkinan arus bocor yang ada di peralatan sangat tinggi.
            Hal ini disebabkan perawatan berkala pada instalasi dirumah jarang dilakukan dan kadang terabaikan. Padahal hal itu menjadi sumber bahaya pada orang orang yang kita kasihi dimana dalam kesehariannya sering melakukan kegiatan yang beresiko terhadap listrik. Contohnya : menyetrika , memasak, menggunakan blender , menggunakan hair dryer ataupun menggunakan mesin cuci.
Untuk itu dibutuhkan pengaman arus bocor yang akan melindungi manusia dari kemungkinan :

  • Kontak langsung
Resiko tersengat listrik bila langsung memegang kawat , kabel terkelupas atau penghantar steker. Kegiatan beresiko ini adalah pada saat memasukkan steker pada soketnya saat menggunakan setrika , blender , menggunakan hair drayer ataupun rice cooker.
  • Kontak Tak langsung
Peralatan yang mengalami gangguan isolasi dimana arus listrik melewati body peralatan yang terbuat dari besi tanpa pentanahan yang baik tanpa sengaja tersentuh. Contoh kabel listrik mesin cuci yang terkupas menempel ke bodynya tanpa kita ketahui , body mesin cuci itu sudah bertegangan dan tersentuh manusia sehingga sengatan listrik tidak bisa dihindarkan lagi.
  • Pengaman rumah dari kebakaran
Arus dengan besaran 500mA pada dua titik kontak dua logam bertegangan dapat menimbulkan percikan api

Pengaman arus bocor instalasi listrik dirumah dianjurkan adalah ELCB ( Earth Leakage Circuit Breaker ) atau DPNa vigi atau modul Vigiblok atau RCD ( residual current device ) atau Gawai arus bocor atau dengan nama lain dengan prinsip sama. Pengaman ini harus membatasi arus bocor sebesar 30mA . penjelasan tentang cara kerja dan kenapa angka tersebut akan dibahas pada edisi yang lain.
Ingat ….ELCB atau RCD ini adalah modul tambahan selain MCB standard yang terpasang di meteran listrik di rumah.

Yang harus segera dilakukan pada instalasi di rumah adalah :
  • Selalu pasang kabel pentanahan di setiap socket dan instalasi di rumah (kabel grounding)
  • Segera pasang ELCB atau DPNa dengan proteksi 30 mA.
  • Lakukan pengetesan rutin sesuai petunjuk untuk memastikan fungsinya
  • Selalu kenali bahaya yang bisa timbul dari penggunaan alat alat listrik rumah tangga
Sayangi dan Lindungi keluarga anda dari bahaya tersengat listrik dengan memasang ELCB atau DPNa dengan proteksi 30mA serta pemasangan sistem instalasi pentanahan yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...